Kepulauan Wakatobi Sebagai Salah Satu Aset Industri Pariwisata

Kepulauan Wakatobi Sebagai Salah Satu Aset Industri Pariwisata

Kepualauan Wakatobi Sebagai Salah Satu Aset Industri Pariwisata

Kepualauan Wakatobi Salah Satu Aset Industri Pariwisata

Indonesia memiliki banyak sekali tempat dengan terumbu karang dan pesona lautan yang indah. Salah satu tempat di Indonesia dengan terumbu karang dan pesona alam bawah laut yang menakjubkan adalah Wakatobi yang terletak di bagian tenggara Pulau Sulawesi. Sebagai salah satu tempat dengan terumbu karang yang indah, pengembangan sektor industri pariwisata di Indonesia bisa dilakukan tanpa hambatan.
Wakatobi merupakan taman nasional yang terletak di Kabupaten Wakatobi. Taman Nasional Wakatobi mencakup pulau-pulau yang ada disekitarnya. Kepulauan Wakatobi hanya terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Wanci, Tomia, Kaledupa dan Binongko. Di Wakatobi, terdapat beberapa tempat wisata menarik yang bisa dipikirkan untuk dikembangkan untuk aset industri pariwisata.
Objek wisata yang bisa dinikmati di Wakatobi di antaranya adalah Pulau Hoga. Pulau Hoga merupakan salah satu pulau yang telah dikelola dengan cukup baik. Hal-hal tersebut bisa dilihat karena Pulau Hoga memiliki banyak fasilitas seperti cottage. Lingkungan Wakatobi juga masih asri dan alami serta sejuk sehingga sangat cocok untuk menghilangkan stress. Karena itulah berwisata ke Wakatobi bisa menjadi obat yang penting untuk melepas berbagai tekanan saat kerja atau karena hal yang lain. Selain Pulau Hoga, Wakatobi juga masih memiliki banyak hal lain yang bisia dibanggakan terkait wisata baharinya misalnya Pulau Onee Moba. Pulau Onee Moba di Wakatobi merupakan pulau yang memiliki ombak cukup besar sehingga Pulau Onee Mobi bisa dijadikan tempat untuk berselancar.
Wakatobi juga memiliki banyak genangan air yang terdapat di cekungan goa, salah satunya adalah Goa Kontamale. Adanya goa dengan cekungan yang terisi air disebabkan karena Wakatobi memiliki pulau-pulau karang. Air yang menggenang di gua karang tersebut bisa menjadi tempat yang cukup bagus untuk bersantai dan menikmati liburan selain dengan melihat laut secara langsung. aset Industri pariwisata Wakatobi sebaiknya dikembangkan lebih baik lagi sehingga kemampuan Wakatobi dalam menarik pengunjung semakin baik. Selain wisata alamnya, Wakatobi juga menawarkan wisata budaya yaitu upacara adat yang disebut dengan nama Kabuenga. Upacara adat Kabuenga adalah upaya yang ditujukan untuk penduduk atau pengunjung yang belum menemukan pasangan hidupnya. Upacara adat ini memiliki sejarah di mana pemuda-pemuda Wakatobi umumnya merupakan pelaut sehingga tidak juga bertemu dengan jodohnya. Karena itulah upacara adat Kabuenga ini dilakukan sehingga pemuda yang mengikutinya juga sangat menarik.
Wakatobi merupakan aset industri pariwisata yang bisa diandalkan sekarang. Untuk mengembangkan industri tesebut dibutuhkan banyak modal dan pengelolaannya yang baik sehingga proses pengembangan tersebut bisa datang dengan cepat. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan suatu lembaga BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal. Dengan begitu, urusan permodalan yang terkait dengan Wakatobi bisa dengan cepat terselesaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *