Wisata Edukasi Di Museum Pendidikan Indonesia Yogyakarta

Wisata Edukasi Di Museum Pendidikan Indonesia Yogyakarta

Wisata Edukasi Di Museum Pendidikan Indonesia Yogyakarta

Tidak hanya sebatas menjadi daerah tujuan wisata, kota Yogyakarta juga dikenal luas sebagai kota pendidikan. Jogja dengan berbagai macam keistimewaannya sudah menjadi kota impian untuk sebagian besar para pelajar maupun mahasiswa maupun untuk menimba ilmu dari kota gudeg ini.

Di Yogyakarta, ada banyak sekali sekolah dan kampus yang sudah siap untuk menyambut para pelajar dan mahasiswa yang ingin belajar di Jogja dari berbagai wilayah nusantara. Oleh sebab itu, tidak heran jika museum pendidikan pertama kali didirikan di Yogyakarta yakni Museum Pendidikan Indonesia (MPI).

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada saat itu yakni almarhum Prof. Dr. Sugeng Mardiono Phd memiliki sebuah ide untuk membuat museum yang menyimpan dokumentasi sejarah pendikan di Indonesia. Saat ini museum yang menjadi cita – cita beliau ini sudah berdiri dan dibuka untuk umum.

Museum Pendidikan ini diresmikan pada 8 Juli 2008. Museum ini berada di salah satu sudut di kawasan Universitas Negeri Yogyakarta lebih tepatnya ada di balik Gedung Rektoran UNY serta berdekatan dengan  FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam) UNY.

Adanya Museum Pendidikan Indonesia di UNY ini seolah – oleh ingin menegaskan bahwa Yogyakarta merupakan kota yang menjadi patokan pendidikan di Indonesia. Museum yang berada di  bawah pengelolaan FISE (Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi) UNY ini memamerkan bermacam – macam koleksi yang berkaitan dengan sejarah dan perjalanan pendidikan di Indonesia seperti foto – foto yang memperlihatkan tokoh – tokoh nasional yang memiliki peran penting dalam proses memajukan pendidikan di tanah air.

Gedung Museum Pendidikan sendiri terdiri atas 2 lantai. Di lantai pertama museum ini, Anda bisa melihat bagaimana awal mulanya teknologi alat tulis berkembang dari masa ke masa. Pada zaman dulu, teknologi alat tulis belum secanggih seperti saat ini. Pada zaman dulu, orang menggunakan alat tulis ala kadarnya dan sangat sederhana seperti sabak, lontar, kertas merang, dan juga grip.

Tidak hanya itu saja, di sana Anda juga bisa mempelajari tentang riwayat pendidikan di negara kita seperti dasar – dasar pengajaran, susunan  persekolahan, program pokok pendidikan pada masa orde baru, dan juga sistem pendidikan nasional yang menerapkan wajib belajar 9 tahun. Selain itu, ada pula display yang menggambarka ruang kelas yang terdiri dari papan tulis kayu tebal, meja kursi gandeng, dan alat tulis lainnya.

Sementara itu di lantai dua Museum Pendidikan Indonesia, ada sebuah ruang teater. Di ruangan yang mampu menampung 116 ini, Anda bisa melihat pertunjukkan film dengan tema pendidikan. MPI juga selalu mengadakan berbagai kegiatan menarik untuk menarik minat para pengunjung seperti festival dalang cilik, festival dolana anak, dan festival pendikan. Travel News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *