Wisata Edukasi Museum Serangga Dan Kupu-Kupu

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satunya adalah keanekaragaman fauna kupu-kupu dan serangga. Hewan yang bertubuh kecil ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Bagi anda pecinta fauna tersebut dan ingin melihat koleksinya secara lengkap bisa berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah. Museum Serangga dan Kupu-kupu adalah kawasan yang harus anda datangi.

Museum tersebut memang didirikan secara khusus sebagai media pembelajaran dan mengenal lebih banyak mengenai kupu-kupu dan serangga. Keberadaan serangga sangat membantu kehidupan manusia, sehingga mengetahui lebih dekat sangat baik untuk menambah pengetahuan. Karena serangga berperan dalam menyediakan sumber protein hewani, menghasilkan madu, untuk pakan ternak dan membantu memberantas hama di lahan pertanian.

Kupu-kupu dikenal memiliki pesona indah yang terdapat di sayapnya. Sehingga wajar bila kupu-kupu sering dijadikan lambang romantisme dan keindahan. Kondisi alam di sekitar Anda semakin indah dengan keberadaan serangga ini. Keindahan dan manfaat bagi manusia melatar belakangi dibangunnya museum tersebut.

Museum Serangga dan Kupu-kupu ini dibangun saat TMII genap merayakan ulang tahun ke-18, tepatnya pada 20 April 1993. Mantan presiden Soeharto yang telah meresmikan pemakaian museum ini yang berada di samping Taman Aquarium Air Tawar. Lokasi ini sangat menguntungkan pengunjung karena bisa mengunjungi dua museum sekaligus dengan biaya yang terjangkau. Museum bernilai edukasi ini sangat cocok dikunjungi seluruh  anggota keluarga.

Memasuki areal museum anda akan disuguhi pemandangan menarik berupa koleksi kupu-kupu yang menawan yang tertata rapi di dalam kotak kaca. Tata cahaya dan penataan museum terlihat sangat rapi dan menarik. Kondisi ini membuat anda nyaman dan akan betah berlama-lama di dalamnya. Pendingin udara yang sejuk menambah kenyamanan anda menyaksikan keindahan yang ditawarkan museum tersebut.

Dengan luas lahan sekitar 500 meter persegi, membuat museum ini bisa menampung beragam koleksi kupu-kupu dan serangga. Sebagian koleksi masih hidup, tapi sebagian lagi telah diawetkan. Indonesia memang kaya kedua fauna ini, terbukti sekitar 16 persen kupu-kupu dan serangga berada di Indonesia. Karenanya sangat baik bila Anda mengenalnya, supaya mengetahui kekayaan fauna nusantara.

Anda pastinya akan kagum dan bangga dengan keanekaragaman koleksi di Museum Serangga dan Kupu-kupu ini. Terdapat sekitar 600 koleksi jenis serangga, sekitar 250 jenis serangga ini dipenuhi oleh kupu-kupu, sekitar 200 koleksi kumbang dan koleksi lainnya. Anda juga bisa menyaksikan koleksi jenis tonggerek, kecoa, jangkrik, capung, belalang ranting dan belalang daun. Beragam koleksi yang disajikan akan membuat anda merasakan keindahan dan suasana yang berbeda di kelilingi kupu-kupu dan serangga yang indah.

Koleksi kupu-kupu adalah bagian museum yang paling diminati pengunjung. Hal ini berkaitan dengan keindahan yang beragam dan sulit ditemukan di alam bebas. Karena populasi kupu-kupu semakin menurun, oleh karenanya keberadaannya dilindungi oleh hukum Indonesia. Travel News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *