Museum 10 November Surabaya Wisata Sejarah Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan yang ada di jalan Tembaan di Surabaya sudah menjadi landmark dari kota pahlawan tersebut. Terletak tepat di depan kantor Gubernur, Tugu Pahlawan dibangun untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam peperangan melawan sekutu yang ingin menguasai Surabaya pada 10 November 1945 silam. Berkunjung ke tugu pahlawan di Surabaya tentu akan memberikan pelajaran banyak akan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, apalagi dibawah Tugu Pahlawan ini terdapat sebuah museum yang bernama museum 10 November.

Tugu Pahlawan Surabaya

Sejarah dari pembangunan Tugu Pahlawan ada dua versi yang beredar saat ini. Versi yang pertama mengatakan bahwa Tugu tersebut diprakarsai oleh Doel Arnawa yaitu kepala daerah kota Surabaya. Nah kemudian Doel Arwana meminta bantuan Ir. Tan untuk mendesain bangunan tugu dan setelah itu diajukan kepada Ir. Soekarno. Sedangkan versi yang kedua pembangunan Tugu Pahlawan diprakarsai sendiri oleh ir. Soekarno atas ide dari Doel Arwana. Untuk desainya di serahkan kepada Ir. R. Soeratmoko.

Jika dilihat secara seksama, desain Tugu Pahlawan menyerupai paku yang terbalik. Tugu ini memiliki ketinggian 41, 15 meter dan diameter pada bagian paling bawah adalah 3,1 meter. Di area Tugu Pahlawan terdapat beberapa patung, salah satu patungnya menggambarkan Ir. Soekarno yang sedang membacakan proklamasi. Ada juga coret-coretan kata penyemangat yang terdapat di pilar-pilar di sekitar Tugu Pahlawan.

Museum 10 November

Museum ini sebenarnya baru dibuka pada tahun 2000. Di dalam Museum 10 November, terdapat benda-benda bersejarah tentang perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah. Arsitektur bangunan Museum 10 November terlihat unik, karena menyerupai piramida. Di bagian tengah piramida terdapat patung 3 pemuda yang sedang membawa bambu runcing. Memasuki museum maka anda akan disuguhkan diorama-diorama yang menggambarkan perjuangan rakyat Surabaya. Ada juga rekaman pidato Bung Tomo yang kala itu sedang memberikan suntikan semangat kepada para rakyat Surabaya dalam berjuang. Benda-benda koleksi yang ada di Museum diantaranya senjata dan peta milik Bung Tomo yang digunakan saat perang melawan Belanda.

Jalan menuju Tugu Pahlawan ataupun Museum 10 November sangatlah mudah karena letaknya yang berada ditengah kota tepatnya di depan kantor Gubernur Jawa Timur. Untuk memasuki kawasan Tugu Pahlawan tidak dipungut biaya sepeserpun, hanya saja untuk memasuki Museum 10 November tetap dikenakan tiket masuk. Travel News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *