Kebun Binatang Terbesar Se-Asia Tenggara Di Surabaya

Salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia adalah kebun binatang surabaya. Bagaimana tidak, lebih dari 300 spesies dengan 4300 jenis binatang berada kebun binatang yang terletak di Jalan Setail no. 1 Surabaya ini. Bahkan di kebun binatang surabaya terdapat satwa langka baik dari indonesia maupun dunia yang terdiri dari mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces. Kita tentu harus berbangga karena Kebun binatang surabaya merupakan kebun  binatang terbesar se-asia tenggara dengan luas sekitar 15 hektare. Namun akhir-akhir ini kebun binatang surabaya tercoreng dengan beberapa pemberitaan miring terkait pengelolaan di kebun binatang surabaya.

Untuk mengunjungi kebun binatang surabaya tidaklah susah, karena letaknya di jantung kota surabaya. Letaknya yang dekat dengan terminal joyoboyo juga memudahkan pengunjung yang berasal dari daerah lain. Untuk mengitari kebun binatang surabaya, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam mengingat tempatnya yang luas. Pepohonan yang rindang membuat seolah kita tidak berada di tengah kota. Satwa yang ada di kebun binatang surabaya dikelompokan ke dalam beberapa kategori. Di bagian belakang kebun binatang, terlihat kandang untuk primata seperti orangutan, simpanse, babon dan bekatan. Disisi yang lain terlihat jenis unggas seperti burung merak, jalak bali dan juga burung unta. Anda tidak perlu jauh-jauh ke pulau komodo, karena di kebun binatang surabaya ini juga terdapat komodo yang juga termasuk satwa yang dilindungi karena kelangkaanya. Tak hanya hewan darat, beberapa akuarium juga disediakan untuk menampung beberapa jenis hewan laut. Anda bisa melihat ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari amazone yang dikenal dengan nama Arapaima gigas. Namun untuk memasuki area ini, anda dikenakan biaya tambahan.

Sejarah kebun binatang surabaya ini dimulai dari SK Gubernur pada tanggal 31 agustus 1916 No. 40. Awalnya lokasi kebun binatang surabaya berada di Kaliondo, kemudian dipindahkan ke jalan groedo pada tanggal 28 september 1917. Pada tahun 1920 dipindahkan lagi ke daerah darmo dengan luas sekitar 30.500 m2. Sekarang ini luas dari kebun binatang surabaya mencapai 15 hektar.

Namun sayangnya keindahan dan kemegahan dari kebun binatang surabaya tercoreng dengan sebuah pemberitaan dari berbagai media. Sebuah portal berita dari inggris daily mail memuat sebuah berita dengan label Zoo of death. Dalam berita tersebut di beberakan tentang gajah-gajah yang dirantai hingga tak bisa bergerak, ratusan burung yang ditempatkan dalam satu kandang, dan beberapa hewan terlihat kurus hingga terlihat tulang rusuknya. Hal tersebut langsung mendapat respon dari wali kota surabaya Tri Risamaharani. Menurutnya pemberitaan tersebut ulah dari beberapa yang tidak suka dengan kebun binatang surabaya. Untuk kedepanya pihaknya akan berjanji untuk mengembalikan kembali citra dari kebun binatang surabaya ini agar bisa berjaya kembali. Bahkan ia juga menyebutkan akan melengkapi sejumlah wahana di kebun binatang surabaya.

Tiket masuk di kebun binatang surabaya adalah sebesar Rp 10.000,00. Cukup murah bukan? selain untuk rekreasi kebun binatang ini juga bisa di jadikan sarana edukasi untuk mengenalkan ratusan jenis spesies kepada anak-anak. Dan semoga kebun binatang surabaya bisa berjaya kembali, sehingga bisa menjadi kebanggan indonesia. Travel News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *