Keelokan Gunung Kelud Di Kediri

Gunung Kelud berada di wilayah Kec. Ngancar Kabupaten Kediri. Dahulu Gunung Kelud merupakan gunung yang mempunyai kawah hijau yang ada dipuncaknya, namun pada tahun 2007 gunung ini mengalami erupsi dan menghilangkan kawah tersebut. Hilangnya danau kawah Gunung Kelud ternyata tak mengurangi keelokannya, tapi berganti dengan munculnya anak Gunung Kelud.

Selain anak gunung yang baru tumbuh di bekas danau itu, kini ada sungai air panas yang potensial untuk dijadikan objek wisata, seperti “spa” ataupun pemandian air hangat Ditambah fasilitas wisata lainnya diantaranya, flying Fox, Motor ATV, Gedung theater dan museum, area parkir yang luas, shutle bus, warung anjungan, serta tak kalah menariknya “mysterious road atau jalan misteri” . Sepintas jalan misteri tersebut seperti jalan biasa, tetapi yang membuat istimewa adalah fenomena anomali gravitasi tersebut.

Gunung Kelud  memiliki beberapa puncak. Selain puncak kelud, ada puncak sumbing yang bentuknya unik. Puncak sumbing ini sering dijadikan lokasi panjat tebing. Ada lagi puncak gajah mungkur yang diatasnya terdapat sebuah gardu pandang. Saya sempat mendaki puncak gajah mungkur ini. ‘Cukup’ dengan menaiki 600 anak tangga. Oya, untuk menuju puncak-puncak ini kita harus melewati sebuah terowongan sepanjang 110 meter. Terowongan ini dibangun sejak zaman belanda.Dari puncak gajah mungkur kita bisa menikmati panorama indah gunung kelud. Termasuk pemandangan anak gunung kelud. Anak gunung kelud adalah julukan untuk material vulkanik yang tumbuh dari danau kawah gunung kelud pada erupsi 2007. Kini danau kawah 10 hektar tersebut sudah ‘almarhum’.

Tanah sekitar Gunung Kelud dikenal sebagai tanah yang subur. Sehingga, berbagai komoditi pertanian bisa tumbuh subur di daerah lereng Kelud. Pada umumnya, warga di sekitar Gunung Kelud menanami lahan mereka dengan tanaman buah-buahan, seperti rambutan, durian, pisang, pepaya dan nanas.Diantara tanaman buah-buahan tersebut yang paling terkenal adalah buah nanas. Buah ini sudah terkenal di berbagai daerah. Tiap panen nanas, hasilnya dikirim ke berbagai kota besar di Indonesia. Para wisatawan yang datang ke Gunung Kelud bisa membawa oleh-oleh berbagai buah-buahan juga produk olahannya.Jalan menuju Gunung kelud juga sangat bagus sehingga pengunjung di Wisata Gunung Kelud sangat dimanjakan, pada hari libur biasanya bisa mencapai ribuan orang, baik wisatawan lokal Kediri, luar kota, bahkan manca negara.

Yang terbaru Travel News dari wisata Gunung Kelud adalah dibangunnya Gedung Theater dan Museum dimana kita bisa melihat proses terjadinya Anak Gunung Kelud lewat Video yang telah disediakan oleh pihak pengelola dan bisa mengetahui sejarah terjadinya Gunung Kelud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *