Tips Travelling Bersama Anak

1. Mencari tahu tentang destinasi

Destinasi yang dikunjungi sebenarnya tergantung usia si anak. Tapi berapa pun usia anak, pastikan tempat yang didatangi nyaman, bersih, bebas asap rokok dan membuat si anak happy. Pastikan juga fasilitasnya cukup lengkap, misalnya adanya toilet, ruang ganti atau ruang menyusui. Tips Traveling Bersama Anak.

2. Selalu cek jadwal sekolah

Bagi Venus, penting untuk punya kalender kegiatan anak selama satu tahun ajaran. Dari situ bisa terlihat tanggal libur, acara sekolah, UTS, dan yang lainnya.

3. Persiapan khusus untuk mengajak anak

Siapkan daftar barang, jadwal makan, pakaian dan itinerary. Packing dilakukan 2-3 hari sebelumnya. Kadang, ia sudah bagi pakaian anak per hari ke dalam kantong berbeda. Ini akan membuat proses ganti baju jadi lebih mudah. Venus menambahkan kalau riset sebelum jalan penting dilakukan. Mau ke mana, naik apa, menginap di mana dan apa daerah yang relatif aman buat anak. Ajak anak berdiskusi tentang tempat yang akan didatangi. Sementara itu, Swastika Nohara biasanya membawa buku bacaan, majalah anak-anak dan bekal selama di perjalanan. Perhitungkan juga apakah si anak bisa menyantap makanan di  daerah yang dikunjungi. Baca Juga Wisata Indonesia Diminati Di Austria.

4. Merencanakan lama perjalanan

Menurut Venus, berapa lama durasi perjalanan tergantung kebutuhan dan budget, tidak ada patokan khusus. Kalau menurut Nike, ke luar kota paling singkat idealnya 4 hari 3 malam, supaya anak dan orangtua tidak terlalu capek. Ketika traveling bersama anak sebaiknya jangan terlalu ambisius dalam menyusun acara liburan. Cukup satu tujuan utama dalam sehari, namun jika jarak antar destinasi dekat bolehlah ditambah jadi dua. Yang penting pastikan anak istirahat cukup dan selalu dalam keadaan kenyang. Sedangkan menurut Swastika, di atas usia 5 tahun anak sudah lebih siap untuk bepergian jauh. Banyak berjalan kaki atau naik kendaraan umum juga sudah bisa dilakoni.

Itu tadi sharing pengalaman para ibu yang juga traveler saat melakukan perjalanan bersama lwNeanak. Semoga menghilangkan perasaan ‘takut ribet’ untuk mengajak anak Travel News and enjoy life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *